Monday, 26 May 2014

7 Logo Merk Terkenal Ini Ternyata Menyimpan Kisah Yang Tak Terduga, Penasaran?

7 Logo Merk Terkenal Ini Ternyata Menyimpan Kisah Yang Tak Terduga, Penasaran? - Es krim Baskin Robbins, kopi Starbucks, sepatu Nike, laptop Apple ... Hmm, rasanya kita tak asing lagi dengan merk-merk tersebut ya. Selain merk-merk tersebut adalah merk yang ternama, hanya dalam sekali melihat kita dapat mengenali logo-logo mereka yang unik.

Logo adalah salah satu alat marketing sebuah merk yang paling mudah diingat. Tetapi tahukah Anda kisah-kisah menarik dibalik logo-logo terkenal di dunia? Ternyata logo-logo ini memiliki arti yang tidak terduga.  Beberapa di antaranya barangkali akan membuat Anda terkejut dan tidak Anda sadari sebelumnya. Dilansir oleh allwomenstalk.com, berikut 7 logo dengan kisahnya yang unik.

1. Baskin Robbins


Siapa yang tak mengenal es krim Baskin Robbins? Di Indonesia, kita dapat menemui gerainya di berbagai mall. Tapi tahukah Anda, bagaimana sejarah logo toko es krim yang didirikan oleh pasangan Tuan Baskin dan Nyonya Robbins ini?

Sejak kemunculannya di tahun 1945 di California, toko es krim ini telah berganti logo berulang kali. Namun hanya satu yang tak berubah, yaitu penyebutan angka 31. Angka '31' merupakan representasi 31 varian rasa es krim terkenal Baskin Robbins. Ada beberapa slogan yang menyertakan angka ini, misalnya: '31 Flavours of Fun', '31 Flavours at Their Best', 'Trust 31' dan beberapa lainnya. Apakah Anda menyadari juga, angka 31 pada logo mereka?

2. Apple


Logo apel yang satu ini sangat terkenal di seluruh dunia dan menjadi ikon gaya hidup masa kini. Penasaran nggak sih, mengapa kok apel yang menjadi pilihan Steve Jobs daripada buah-buahan lainnya? Ternyata, ada kisah unik dibaliknya, lho.

Pada suatu hari, Steve Jobs baru saja kembali dari sebuah pertanian apel setelah memulai diet buahnya. Saat itulah ia dalam proses mendirikan perusahaan barunya (yang kini menjadi Apple, Inc.). Terinspirasi dari pertanian apel tersebut, ia menjadikan apel sebagai logonya. Karena khawatir orang berpikir logo apel tersebut adalah buah chery, ia memodifikasi gambarnya dengan aksen gigitan. Hihihi. Ada-ada saja ya.

3. Nike


Logo yang satu ini tentunya tak asing bagi kita yang doyan berolahraga. Meskipun sederhana, ternyata logo yang dikenal dengan nama 'swoosh' ini cukup melekat di ingatan masyarakat.

Carolyn Davidson adalah seorang perempuan dibalik logo terkenal Nike ini. Dibuat pada tahun 1971, sebetulnya gambar ini hanyalah sebuah tugas desain grafis saat Carolyn duduk di bangku sekolah. "Saya tidak menyukai gamabr ini, tapi saya akan tumbuh bersama gambar ini," ujar Carolyn yang ternyata tak menyukai hasil gambarnya. Tahukah Anda, ia hanya dibayar sebesar $35 atau sekitar Rp. 350 ribu untuk logo ini. Barangkali ia kini akan tercengang ya melihat bagaimana bernilainya logo sederhana miliknya ini.

4. Starbuck

Gerai kopi yang tersebar hampir di seluruh dunia ini identik dengan warna hijau dan putihnya. Jika Anda melihat logo awal Starbucks, Anda akan terkejut. Pasalnya, logo awal Starbucks adalah seekor putri duyung tanpa baju yang duduk dengan dua ekor menjuntai. Warna awal logo gerai kopi ini pun adalah coklat dan putih.

Alasan Starbucks memilih putri duyung sebagai logonya adalah karena putri duyung merupakan salah satu mitologi Yunani kuno. Karena ada berbagai kritikan tentang penggambarannya, maka logo Starbucks pun perlahan diganti. Terhitung logo ini telah mengalami tiga kali pergantian sejak awal diluncurkan.

5. Pepsi

Salah satu minuman bersoda kalengan yang mendunia adalah Pepsi. Warna logo Pepsi terdiri dari merah, putih dan biru. Tahukah Anda, warna-warna ini ternyata merepresentasikan warna bendera Amerika. Tujuannya, untuk menunjukkan rasa kebanggaan dan patriotisme perusahaan minuman berkarbonasi ini berasal. Tak hanya itu, ternyata logo Pepsi pun dipercaya mengandung sisi fengshui, teori Phytagoras, teori ilmiah Einsten, teori magnet bumi dan lain-lain. Hmm, bisakah Anda menguak rahasia sesungguhnya dari logo ini, Ladies?

6. Chupa Chups

Nah, merk permen lolipop ini masih bertahan hingga saat ini. Warna-warninya yang cerah juga mudah dikenali. Logo ChupaChups sebetulnya adalah rancangan seorang pelukis nyentrik bernama Salvador Dali pada tahuh 1969. Warna-warna untuk desainnya diambil dari warna bendera Spanyol karena nama 'Chupa Chups' berasal dari bahasa Spanyol 'Chapur' yang artinya menghisap.

Logo ini sangat mudah diingat 'bukan? Padahal pengerjaan logo ini hanya memakan waktu satu jam, sementara Salvador Dali duduk di cafe sambil minum kopi dengan seorang teman. Hihihi.

7. Mercedez Benz

Merk transportasi yang satu ini sungguh klasik dan elegan. Seelegan logonya. Mercedes Benz ternyata menyimpan kisah di baliknya. Tiga poin yang terdapat pada logo mereka merepresentasikan tiga elemen kehidupan yaitu: air, udara dan bumi. Percaya atau tidak, poin-poin tersebut juga merepresentasikan dominasi merk Mercedes Benz dalam dunia transportasi (kapal, pesawat terbang dan mobil). Filosofis sekali ya!

Demikian ke-7 logo terkenal sekaligus arti dari logo tersebut. Bagaimana,apakah kalian terkejut?. Memang mengejutkan arti dari beberapa logo ini.

0 comments:

Post a comment