Monday 20 January 2014

6 Karya Seni Fenomenal yang Mengundang Decak Kagum

6 Karya Seni Fenomenal yang Mengundang Decak Kagum - Melalui karya seni, para seniman dapat memperkenalkan sosok mereka ke publik dan mengomunikasikan apa yang di pikiran mereka. Meski begitu, seni bukan cuma punya mereka yang menggeluti bidang itu, tetapi juga mereka yang tertarik untuk menikmatinya. Berikut adalah delapan karya seni aneh dan unik yang mengundang banyak decak kagum. Penasaran? Yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Ukiran kayu terpanjang di dunia


China memiliki sejarah panjang dalam seni pahat kayu. Selama berabad-abad, para master seni pahat di China menghasilkan berbagai karya menakjubkan yang dikenang hingga sekarang.

Kini, seorang seniman kreatif asal China, Zheng Chunhui, menampilkan sebuah ukiran kayu yang telah dipahatnya selama empat tahun. Ukiran yang dipahat pada sebatang kayu berukuran sepanjang 12 meter itu menggambarkan suasana Festival Qingming.

Seperti yang bisa Anda bayangkan, Zheng membutuhkan banyak kesabaran untuk bisa menyelesaikan karyanya. Tetapi, itu semua tentunya tak sia-sia.

Selain mendapat pujian dari berbagai pihak atas kesuksesannya membuat karya fenomenal tersebut, Zheng juga tercatat sebagai pemegang rekor ukiran kayu terpanjang di dunia dalam Guinness Book of Records. Sebagaimana dilansir odditycentral, ukirannya memiliki panjang 12,286 meter, lebar 3,075 meter dan tinggi 2,401 meter.

2. Wajah selebriti dunia diukir pada lipstik mahal


Barang apa pun bisa diubah menjadi sebuah karya seni luar biasa oleh tangan-tangan kreatif. Pernah terbayang jika wajah Anda diabadikan dalam sebuah lipstik mahal?

Well, seorang seniman kreatif dari Singapura, May Sum, berhasil menarik perhatian dunia setelah memamerkan hasil karyanya yang berupa ukiran wajah-wajah artis dunia pada lipstik merek ternama. Beberapa selebriti terkenal seperti Lady Gaga dan Audrey Hepburn menjadi inspirasinya dalam mengukir lipstik.

Beberapa lipstik merek ternama seperti Yves Saint Laurent dan Estee Lauder menjadi bahan dasar untuk karyanya. Karena bahan baku yang digunakan dalam pembuatan karya seni ini tidak murah, May menjual karyanya dengan harga mulai dari USD 600 atau sekitar Rp 6,7 juta.

3. Bermodal pulpen, seniman ini ciptakan karya luar biasa


Seniman Inggris, Gareth Edwards, menarik perhatian publik dengan kepiawaiannya melukis dengan pulpen. Dia pun berhasil menciptakan berbagai potret realistis selebriti seperti Audrey Hepburn, Walt Disney, Natalie Portman dan Humphrey Bogart.

"Saya memilih melukis dengan pulpen karena saya malas meraut pensil atau merapikan cat," ungkap Gareth.Gareth yang awalnya hanya iseng menggambar dengan pulpen, ternyata menjadi kecanduan untuk membuat potret realistis. Beberapa potret selebriti yang digambarnya bahkan terlihat begitu hidup, meski sebetulnya itu hanyalah lukisan hitam-putih yang dilukis dengan media sederhana, yakni pulpen.

"Dari semua media yang pernah saya gunakan dalam menggambar, pulpen menjadi salah satu yang paling sulit untuk saya kuasai, dan itu membutuhkan gerakan tangan yang sangat halus, fokus, dan ketelatenan," katanya ketika diwawancarai My Modern Metropolis.

Untuk menyelesaikan setiap gambarnya, Gareth membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 minggu, atau bahkan lebih. Semua tergantung pada ukuran potret.

4. Mengukir pisang


Keisuke Yamada adalah seorang seniman otodidak asal Jepang yang mahir mengukir pisang. Hanya dengan menggunakan sendok dan tusuk gigi, seniman muda ini dapat menciptakan karya seni yang luar biasa unik.

Mengukir pisang tentu bukan hal yang mudah, melainkan butuh keahlian khusus. Selain memiliki tekstur buah yang rapuh, warna daging pisang juga cepat berubah. Untuk menyebarkan karyanya, seniman 26 tahun itu rajin mengunggah foto-foto karyanya ke situs seni Jepang, Pixiv.

5. Melukis dengan pesawat jet


Seorang seniman asal Florida, Princess Tarinan von Anhalt menciptakan karya seni abstrak dengan melemparkan kaleng dan botol cat ke udara dan membiarkan angin kencang yang dihasilkan oleh mesin jet memercikkan cat itu ke atas kanvas.

Ini mungkin bisa menjadi "kuas" paling mahal yang pernah digunakan dalam melukis. Betapa tidak, klien Princess Tarinan harus membayar sebanyak USD 50.000 (Rp 486 juta) hanya untuk menontonnya melukis dengan cara unik itu.

Jet Art adalah seni melukis yang menggunakan arus udara dari mesin jet untuk menciptakan bentuk-bentuk abstrak di atas kanvas. Teknik ini diciptakan pada tahun 1982 oleh Prince Jurgen von Anhalt dari Austria. Setelah ia meninggal, teknik itu diwariskan kepada istrinya, Princess Tarinan von Anhalt, yang kemudian menjadi wanita pertama yang menggunakan teknik melukis unik itu pada tahun 2006.

6. Patung ini dibuat dari 11 liter darah manusia


Seorang pria India yang dikenal dengan sebutan Hussaini ini baru saja memamerkan sebuah karya seni yang terbuat dari darah manusia.

Tak tanggung-tanggung, patung kepala? J. Jayalalitha, Kepala Menteri negara bagian Tamil Nadu, itu dibuat dari 11 liter darah manusia yang telah dibekukan. Darah tersebut dikumpulkan dari darah pelukis sendiri dan 32 muridnya.

Hussaini adalah seorang pematung dan guru memanah dari Chennai yang memiliki ide tidak biasa untuk merayakan ulang tahun J. Jayalalitha yang ke-65.?

Hussaini rupanya ingin mengucapkan terima kasih kepada politisi tersebut karena telah mendukung perkembangan olahraga panahan di India. Untuk itu, dalam interval tiga bulan, Hussaini menyedot darahnya secara bertahap.

Kemudian darah itu disimpan selama delapan tahun terakhir, sembari menunggu kesempatan untuk menggunakannya sebagai media untuk patung. Sayangnya, kala itu Hussaini hanya memiliki 6,5 liter darah, sedangkan proyek khususnya membutuhkan 11 liter.

Untungnya, 32 murid memanahnya bersedia untuk menyumbangkan 4,5 liter darah tambahan yang dibutuhkannya untuk menyelesaikan proyek tersebut.

"Darah merupakan simbol dari keberanian dan pengorbanan Tamil Thaai - ibu dari Tamil. Jadi, ini adalah wujud rasa hormat saya untuk pak menteri," kata Hussaini kepada New India Express.

Hal pertama yang dilakukan Hussaini untuk membuat patung darahnya adalah menyiapkan tanah liat. Kemudian menyiapkan cetakan silikon yang diisi dengan campuran tanah liat dan 11 liter darah. Cetakan itu dibekukan pada suhu -27 derajat Celcius, selama dua bulan. Seram juga ya! infounik-pintar

1 comment: