Saturday 15 February 2014

5 Ikan Hiu Yang Paling Besar di Dunia

Hiu sering disebut sebagai salah satu jenis ikan yang khusus. Hiu merupakan ikan karnivora pemakan daging oleh karena itu mereka dilengkapi persenjataan berupa gigi dan rahang yang kuat. Kebanyakan hiu berbentuk seperti toredo. Hiu memiliki bentuk yang halus serta sirip yang kuat sehingga mereka dapat berenang dan mengejar mangsanya dengan sangat baik.

Ikan hiu terbesar didunia saat ini adalah Whale Shark (latinnya Rhincodon typus) atau Hiu Paus. Hiu jenis ini merupakan hiu yang paling tidak berbahaya diantara spesiesnya karena mereka hanya memakan plankton. Hiu Paus biasanya hidup di laut terbuka di sekitar samudera tropis dan juga hiu ini memiliki umur sekitar 70 tahun.

Untuk info kali ini infounik-pintar akan berbagi artikel tentang hiu terbesar didunia yang mungkin anda pernah melihatnya di film-film hollywood meskipun cuma sekedar fiktif belaka, namun keberadaan hiu terbesar itu memang ada di dunia lautan yang luas ini.

Baca Juga 5 Ikan Hiu Dengan Bentuk Paling Menakutkan Di Dunia

1. Pacific Sleeper Shark


Hiu Pacific Sleeper, Somniosus pacificus, adalah hiu berat lainnya yang dapat hidup sepanjang 23 kaki dan berat hingga 800 lbs (362,87 kg). Satu hal yang membuat hiu jenis ini menarik adalah mereka salah satu dari sedikit jenis hiu yang dapat di temukan di daerah bertemperatur rendah (daerah menghadap kutup). Hal lain nya adalah mereka biasanya hidup di laut dalam, dengan kedalaman hingga 6500 kaki di bawah permukaan laut.

2. Tiger Shark


Hiu terbesar didunia kali ini adalah Tiger Shark, Galeocerdo Cuvier menempati urutan ke 4 hiu terbesar di dunia dengan panjang hingga 24.3 kaki! Hiu besar ini mampu hidup sehingga 2000 lbs (907,18 kg) dan sangat terkenal dengan kekejamannya!! Tidak hanya memakan semua jenis kehidupan laut, tetapi mereka (Tiger) juga terkenal dengan menyerang perenang.

Sesuai namanya, hiu ini sangat mirip dengan corak harimau, mereka biasanya hidup di daerah peairan khatulistiwa dunia tetapi lebih cenderung di sekitar peairan Pacific.

3. Great White Shark


Great White Shark, Carcharodon Carcharias, adalah salah satu dari hiu yang terganas di dunia. Hiu ini dapat hidup sepanjang 26.2 kaki dan berat hingga 5000 lbs (2267.96 kg) !!! Hiu Great White adalah hiu terakhir dari jenis species, Carcharodon. Malangnya untuk kita sebagai manusia, hiu ini dapat di temukan di dekat pantai di semua lautan, jadi jika agan-agan sekalian lagi liburan, pastikan anda tidak berenang bersama jenis ini!

4. Basking Shark


Hiu terbesar didunia berikutnya yaitu Basking Shark, Cetorhinus Maximus adalah salah satu hiu yang sangat besar dan menjadikan hiu basking ini menempati posisi ikan hiu terbesar ke 2 dunia. Hiu basking ini dapat hidup sepanjang 40 kaki dan pernah tertangkap dengan berat hingga 19 tons! Akan tetapi meskipun berbadan besar, hiu jenis ini cenderung lambat dan bukanlah predator alias pemangsa.

5. Whale Shark


Whale Shark, Rhincodon Typus adalah hiu terbesar di dunia! Meskipun besar, hiu paus (Whale Shark) ini juga bukanlah pemangsa sama seperti hiu basking, mereka adalah hiu yang bergerak lambat yang hanya memakan 'phytoplankton' atau binatang yang sangat kecil yang hidup di laut.

Hiu paus ini dapat hidup sehingga 41 kaki dan berat hingga 15 tons!. Hiu paus ini sama seperti hiu lain nya yang dapat di temukan di sekitar laut khatulistiwa dan perairan yang hangat; Species yang berasal dari kehidupan 60 juta tahun yang lalu ini mampu hidup hingga 70 tahun lamanya.

4 comments:

  1. luar biasa besarnya sobat ini sudah mirip ikan PAus ya, info yang sangat unik

    ReplyDelete
  2. ihhhh menyeramkan sekaliii, ga mau dehhh ketemu ikan kaya gitu

    ReplyDelete
  3. berapa kali lipat ukuran manusia normal gan?
    terimakasih ;)

    silahkan kunjungi web kami http://mobildatsunbandung.com/

    ReplyDelete