Friday, 14 February 2014

Jadi Komentator, Wanita Ini Digaji Rp 154 Ribu per Kata


Semakin banyak kata terucap, semakin banyak dolar yang didulang. Inilah yang berlaku pada Sarah Palin, kandidat Wakil Presiden Amerika Serikat dari Partai Republik dalam Pemilu 2008. Menurut sebuah sumber, selama ia disewa Fox News, ia dibayar US$ 15,85 per kata yang teruca, atau sekitar Rp 154 ribu.

Berapa kata yang diomongkan Palin selama satu kali siaran? Menurut survei yang dilakukan Smart Politics, blog resmi University of Minnesota, selama kurun 2010-2012 ia melontarkan 189.221 kata. Angka ini dihitung berdasar honor yang diterima mantan Gubernur Alaska ini dari Fox News, yaitu sekitar US$ 1 juta per tahun.

Yang menarik, studi yang dilakukan Smart Politics menyatakan Palin hanya berkata "you betcha" dua kali sebagai komentator di Fox News dalam bulan pertama dari kontraknya. Ini adalah bahasa slang yang artinya kurang lebih "Anda sangat benar dalam hal ini".

Hal itu terungkap pekan lalu saat Fox News dan Palin mengakhiri kerja sama. Dia mengatakan kepada Stephen Bannon, produser di balik filmThe Undefeated (2011) tentang dirinya bahwa ia bermaksud untuk terus berbicara dan berharap untuk memainkan peran dalam pemilu paruh waktu 2014.

"Sebagai rencana jangka panjang, pintu terbuka lebar," kata Palin pada Bannon, dalam sebuah wawancara yang diterbitkan Breitbart.com. "Saya tahu negara membutuhkan pengungkapan kebenaran dalam porsi lebih besar di media dan saya bersedia untuk melakukan itu."

5 comments: