Wednesday 5 February 2014

8 Mobil Amfibi Terkeren di Dunia

8 Mobil Amfibi Terkeren di Dunia - Alam beserta isinya bisa menginspirasi sebuah teknologi modern, seperti kendaraan dua medan yang mengadaptasi hewan amfibi. Layaknya katak, kendaraan amfibi tidak lincah di daratan, namun mampu melaju dengan baik di permukaan air. Mulai dari jenis kendaraan mobil, ATV, bus bahkan truk, tidak luput dijadikan kendaraan amfibi. Berikut adalah rangkuman 5 mobil amfibi terkeren di dunia.

1. Amphicar


Amphicar adalah mobil amfibi yang mulai dipasarkan pada tahun 1961. Dirancang oleh Hanns Trippel dan dibuat oleh Quandt Group di Lubeck dan Berlin-Borsigwalde, Jerman. Nama Amphicar merupakan gabungan dari "amphibious" dan "car". Meski pun pabrikan Jerman, mesin Amphicar menggunakan mesin dan desain Triumph Herlad 1200.

Di daratan, Amphicar dapat dipacu hingga 110 km/jam, dan di perairan hingga 7 knot. Jika sebelumnya berkekuatan 1.147 cc, Amphicar berikutnya memiliki performa 1.296 dan 1.497 cc. Mobil amfibi ini didesain khusus untuk dipasarkan di Amerika Serikat, hingga tahun 1965 hanya diproduksi 4.000 unit saja. Tak heran, sebagai benda koleksi, Amphicar memiliki nilai tinggi.

2. Volkswagen Schwimmwagen


Dibuat oleh Ferdinand Porsche sebagai kendaraan militer Perang Dunia II, pada tahun 1941. Bentuk VW Beetle amfibi berbeda dengan VW Beetle versi darat. Ukurannya lebih kecil. Volkswagen Schwimmwagen menggunakan satu baling-baling dan roda depan yang berfungsi sebagai kemudinya.

Baling-baling tersebut akan melipat, jika kendaraan berada di daratan. Meskipun berat dan lamban, tetapi dengan kekuatan 1.131 cc dan 25 tenaga kuda, Volkswagen Schwimmwagen unggul di medan off road.

3. Python


Dave March mulai mengonsep, membuat dan memperbaiki mobil amfibinya sejak tahun 1976 ketika membuka bengkel di kawasan Faountain Valley, California, Amerika Serikat. Hingga akhirnya pada 2006, March mendirikan perusahaan otomotif Watercar Inc., yang akhirnya melahirkan Python. March mengklaim Python sebagai mobil amfibi tercepat.

Di perairan, ia mampu melaju hingga 52 knot, dengan spontanitas akselerasi 0 - 52 knot dalam 4,5 detik. Python menggunakan mesin aluminium produksi LS Corvette.

4. LARC-V


LARC-V (Lighter, Amphibious Resupply, Cargo, 5 ton) merupakan mobil amfibi yang dibuat menggunakan bahan aluminium. Meski bobotnya ringan, namun mampu menampung beban hingga 5 ton. LARC-V dibuat di Amerika Serikat pada 1950 dan dikembangkan hingga sekarang.

Kendaraan tangguh kebanggaan militer AS, memiliki panjang 35 kaki, lebar 9,9 kaki, dan tinggi 12 kaki. Di daratan LARC-V mampu melaju hingga 45 km/jam, di perairan 10 knot. Karena daya tampungnya berat, LARC-V hanya mampu mengapung di perairan dangkal maksimal 100 cm saja.

5. Rinspeed Splash


Rinspeed Splash dikenal sebagai mobil amfibi sekaligus sport pabrikan Rinspeed di Swiss, yang dibuat pada 2003 lalu. Rinspeed Splash mampu melaju hingga 200 km/jam di daratan, 45 knot di perairan.

Dengan kekuatan mesin 750 cc, dua silinder, mesin turbo, 140 tenaga kuda, mampu berakselerasi hingga 0-100 km/jam dalam 5,9 detik. Rinspeed Splash menjadi pusat perhatian pengunjung ketika dipamerkan untuk kali pertama di Geneva Motor Show 2004.infounik-pintar

sumber : kaskus.co.id

3 comments: