Saturday 11 January 2014

9 Hal yang Dirahasiakan Pilot dari Penumpang

9 Hal yang Dirahasiakan Pilot dari Penumpang - Banyak orang bercita-cita ingin sekolah pilot ataupun menjadi seorang pilot. Dalam berprofesi sebagai pilot memang tidaklah mudah mungkin akan banyak rahasia-rahasia yang akan disembunyikan kepada penumpang.

Berikut 9 rahasia yang akhirnya diungkap para pilot. Dari Reader Digest AS yang dikutip dari The Telegraph, terungkap 9 rahasia yang seringnya dirahasiakan oleh para pilot:

1. PILOT STRESS JIKA KEKURANGAN BAHAN BAKAR


"Saya sering bekerja dalam tekanan saat terbang dengan bahan bakar yang lebih sedikit. Masalahnya, jika tiba-tiba ada delay dan badai, lalu bahan bakar di pesawat tinggal sedikit, mau tak mau kami mendarat di bandara alternatif,"kata seorang pilot dari maskapai besar.

2. MEREKA TIDAK MEMBERI TAHU HAL BURUK PADA PENUMPANG


"Kami hanya memberi tahu hal-hal yang perlu penumpang tahu. Kami tidak akan mengatakan hal-hal yang akan menakuti para penumpang. Jadi, Anda takkan pernah mendengar saya berkata 'Bapak dan ibu yang terhormat, pesawat baru saja mengalami gagal mesin' walau pada kenyataannya benar adanya,"
ujar Jim Tilmon, pensiunan pilot American Airlines.

3. BIASANYA PILOT MENAMBAHKAN WAKTU


"Saat pengumuman, kami biasanya menambahkan durasi dari yang seharusnya. Jadi misal durasi penerbangan adalah 1 jam 45 menit, kami akan mengatakan akan berlangsung selama 2 jam. Tujuannya, agar kami bisa tetap hadir dalam waktu yang tepat,"ujar seorang Kapten Pilot AirTran Airways.

4. LANDING BERPENGARUH PADA LANDASAN

"Pada beberapa landasan yang pendek, Anda takkan bisa mendapat pendaratan yang mulus tak peduli betapa jago pilotnya,"ungkap Joe D'Eon, pilot dari maskapai besar.

5. PILOT SUKA DIPUJI


"Kebanyakan penumpang menganggap, pendaratan yang mulus menandakan tingkatan kemampuan seorang pilot. Pujian 'landing yang baik!' dari penumpang bisa membuat kami senang,"ujar Joe D'Eon.

6. KADANG PENERBANGAN DELAY KARENA PILOT


"Kadang, maskapai tidak memberi kami makan pagi atau makan siang, atau bahkan waktu untuk makan. Jadi kami harus menunda penerbangan barang sejenak agar kami bisa makan,"ujar seorang pilot dari maskapai regional.

7. JAM KERJA PILOT MIRIP SUPIR TRUK


"Kenyataannya, kami sangat kelelahan. Peraturan kerja kami memperbolehkan pilot bekerja selama 16 jam nonstop. Durasi demikian bahkan lebih panjang dibanding supir truk. Tidak seperti supir truk yang bisa berhenti di rest area untuk istirahat, kami tidak bisa berhenti di udara untuk melepas lelah,"
ungkap kapten pilot dari maskapai besar.

8. JANGAN TANYA ARAH DI BANDARA PADA PILOT


"Mungkin kami berseragam dan dianggap mengetahui seluk beluk letak dan arah di bandara. Padahal, kami tidak tahu arah dan letak di sebuah bandara karena kami mendatangi banyak sekali bandara," ujar pilot dari maskapai besar.

9. KADANG, PILOT DIANGGAP TIDAK BISA DIPERCAYA


"Ini yang paling sering terjadi. Penerbangan harus delay karena cuaca yang buruk. Misal kami akan berangkat dari Pittsburgh ke Philly, cuaca di Pittsburg sedang cerah-cerah saja. Lalu ada seorang penumpang yang berkata, 'Aku baru saja menelepon teman di Philly dan katanya cuaca di sana cerah', seakan tidak percaya dengan alasan kami. Padahal, cuaca buruk itu ada di antara Pittsburgh dan Philly,"
kata pilot Jack Stephan.


Itulah beberapa hal yang biasa dirahasiakan pilot kepada penumpang, aneh bukan. Apakah cara ini diajarkan di sekolah pilot agar penumpang tetap nyaman? tidak ada yang tahu kalau kalian belum menjadi pilot.infounik-pintar.com

0 comments:

Post a Comment