Wednesday, 23 April 2014

Makin Besar 'Piring' Yang Bisa Masuk ke Mulut, Wanita Ethiopia Makin Dianggap Cantik


Makin Besar 'Piring' Yang Bisa Masuk ke Mulut, Wanita Ethiopia Makin Dianggap Cantik- Di beberapa kota besar di Indonesia, wanita dianggap cantik jika punya kulit putih, tinggi semampai, punya rambut lembut dan bibir merah merona. Sementara itu di negara atau daerah lain, standar kecantikan wanita bisa sangat berbeda. Di Ethiopia, wanita dewasa akan dianggap cantik jika bisa memasukkan benda mirip piring di mulutnya.

Dilansir oleh Dailymail.co.uk, salah satu suku di Ethiopia yang masih menyimpan tradisi lama adalah suku Suri. Jika wanita Dayak di Kalimantan memanjang cuping telinga sebagai simbol kecantikan, suku Suri melebarkan mulut mereka agar bisa dimasuki benda sejenis nampan atau piring. Makin lebar 'piring' yang masuk, makin cantiklah dia.





Beauty is pain, bahkan sejak zaman dulu bagi wanita suku Suri. Saat gadis-gadis memasuki usia pubertas, dua gigi bawah mereka akan diambil. Kemudian sebuah kepingan mirip piring dimasukkan ke dalam bibir bagian bawah. Ukuran itu akan terus bertambah seiring bertambangnya usia mereka. Walau aneh, namun demikianlah simbol kecantikan wanita suku Suri.

 

Makin besar 'piring', makin besar uang mahar pernikahan untuk keluarga wanita

Ukuran keping yang masuk akan berpengaruh pada jumlah uang mahar ketika si wanita menikah. Makin besar keping yang bisa masuk ke mulutnya, makin besar uang mahar yang diberikan kepada orang tua si wanita.


Hingga sekarang tradisi ini terus dilakukan, namun para gadis di suku Suri banyak yang menolak. Mereka menganggap mencabut gigi dan memakai kepingan sepanjang waktu adalah bentuk kekerasan. Mereka makin tidak ingin melakukan tradisi ini karena dianggap bisa menyebabkan sisi traumatis pada tubuh mereka.

0 comments:

Post a comment