Saturday 24 January 2015

5 Makanan Paling Tua Di Dunia

5 Makanan Paling Tua Di Dunia  - Tak banyak yang tahu, makanan dan minuman sebenarnya berevolusi mengikuti sejarah manusia. Makanan serta minuman yang kita makan saat ini, sebenarnya merupakan pengembangan resep makanan dan minuman pada masa lampau. Hal ini terbukti dari penemuan-penemuan arkeologi. Nah, dari penemuan-penemuan tersebut, terbukti ada beberapa makanan dan minuman yang berusia sangat tua. Apa saja?

Berikut adalah 5 Makanan Paling Tua Di Dunia :

1. Sup


Cairan yang mengandung tulang hewan ditemukan di sebuah wadah perunggu berusia 2.400 tahun. Penemuan yang ditemukan di sebuah makam kuno dekat ibukota Xian tersebut diduga merupakan sisa sup para raja dan ratu di masa lampau. Liu Daiyun dari Institut Arkeologi Provinsi Shaanxi mengatakan penemuan tersebut merupakan penemuan pertama sup tulang dalam seajrah arkeologi Cina. Yang menakjubkan, cairan sup serta tulang di dalam wadah berubah menjadi hijau karena oksidasi perunggu.

2. Mie


Mie tertua di dunia kembali ditemukan di Cina. Sebuah mie berusia 4000 tahun ditemukan dalam mangkuk terbalik yang disegel. Mie tersebut terpelihara karena disimpan di dalam mangkuk tertutup dan terkubur sedalam tiga meter di situs arkeologi Laija.

3. Roti


Roti juga merupakan salah satu makanan paling tua di dunia. Bukti terkuat berasal dari roti berusia 30.000 tahun yang lalu di Eropa. Diduga roti pada masa lalu pun telah memanfaatkan ragi untuk membantu proses fermentasi. Juga ditemukan oven roti bangsa Romawi kuno di sebuah situs purbakala.

4. Salad


Salad merupakan salah satu makanan paling tua di dunia. Orang-orang Romawi dan Mesir kuno biasa mengonsumsi salad yang disebut emmer dan farro. Menurut sejarawan makanan kuno, mereka biasa memakan salad tersebut tanpa tomat.

5. Es Krim


Resep awal makanan lezat ini berasal dari Cina. Masyarakat Cina kuno biasa mengonsumsi makanan semacam es krim dari campuran beras dan susu yang dibekukan di bawah salju. Kebiasaan tersebut terjadi pada tahun 200 SM. Kemudian resep tersebut dibawa ke Eropa dan diolah sesuai kultur masyarakat Barat.

Nah, itulah 5 Makanan Paling Tua Di Dunia. Sejarah makanan dan minuman tak akan berhenti. Akan terus berkembang sepanjang sejarah manusia itu sendiri.
Baca Juga 5 Makanan Paling Langka di Dunia

0 comments:

Post a Comment