Wednesday 25 September 2013

8 Bayi Terbesar di Dunia

8 Bayi Terbesar di Dunia - Idealnya, bayi yang sehat lahir dengan bobot tubuh yang sehat pula, yakni 2,5-3 kg. Namun karena kondisi tertentu, beberapa bayi dari penjuru dunia dilahirkan dengan bobot yang jauh melebihi rata-rata bayi normal.

Guinness Book of World Records mencatat bayi terberat yang pernah lahir adalah seberat 10,7 kg. Sayangnya bayi yang dilahirkan di AS pada tahun 1879 itu meninggal 11 jam setelah dilahirkan. Beberapa tahun belakangan, ada juga bayi-bayi raksasa yang dilahirkan dan bertahan hidup.

Berikut bayi-bayi terbesar yang berasal dari berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia, seperti dilansir Huffingtonpost, Rabu (18/9/2013):

1. Akbar Risuddin (8,7 kg), Bayi Terbesar di Indonesia

 

Ini adalah Akbar Risuddin. Ia tidur diantara bayi-bayi berumur empat hari lainnya yang memiliki berat badan rata-rata, di Rumah Sakit Umum Abdul Manan di Kisaran, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Ia dilahirkan pada tanggal 21 September 2009 lalu.

Dengan berat 8,7 kg dan panjang 62 cm, Akbar menjadi bayi hidup terbesar yang dilahirkan di Indonesia hingga saat ini. Sang ibu bernama Ani menderita diabetes gestational yang diduga memicu meroketnya berat badan Akbar. Dengan berat badan setara dengan rata-rata anak 1 tahun, Akbar pun harus dilahirkan melalui operasi caesar.


2. Ademilton dos Santos (8 kg), Bayi Terbesar di Brazil


Pada tahun 2005, seorang wanita di Brazil melahirkan 'bayi raksasa' dengan berat 8 kg, lebih dari dua kali ukuran rata-rata bayi baru lahir. Ademilton dos Santos adalah bayi terberat yang pernah lahir di Brasil, menurut Asosiasi Ginekologi Brasil.

Ademilton lahir melalui operasi caesar di sebuah rumah sakit di Salvador, di timur laut Brasil. Dia adalah anak kelima Francisca Ramos dos Santos, dan dokter mengatakan ukuran yang tidak biasa itu mungkin karena kondisi diabetes ibunya.

3. Nadia Khalina (7,75 kg), Bayi Terbesar di Siberia


Bayi perempuan bernama Nadia Khalina, lahir dengan berat badan 7,75 kg, terlihat berbaring di bangsal bersalin di kota Siberia pada tanggal 26 September 2007 lalu. Seorang ibu asal Siberia telah melakukan lebih dari 'menyembuhkan' penurunan populasi mengerikan di Rusia. Tatyana Khalina mengejutkan suaminya dengan melahirkan Nadia, anak ke-12 mereka.


4. Stephen Lyttle (7,399 kg), Bayi Terbesar di Australia


Stephen Lyttle, memiliki berat 7,399 kg ketika lahir di Rumah Sakit Kempsey pada tanggal 26 Januari 1963, yang membuatnya menjadi bayi terberat di Australia. Perlu diketahui, berat rata-rata bayi Australia 3,37 kg.

Kini si 'bayi raksasa' itu telah berusia 50 tahun dan memiliki tubuh yang relatif normal, yakni tinggi 1,86 meter dan berat badan 97 kg proporsional.

5. JaMichael (7,257 kg), Bayi Terbesar di Texas


Pada tahun 2011, Janet Johnson melahirkan bayi laki-laki, yang memasuki dunia dengan berat 7,257 kg, lebih dari dua kali lipat rata-rata berat bayi yang baru lahir. Bayi JaMichael adalah bayi terberat yang lahir di Rumah Sakit Good Shepherd di Longview, dan dilaporkan menjadi bayi terbesar yang lahir di Lone Star State.

Johnson dan pasangannya, Michael Brown, tahu bahwa bayi berukuran besar akan segera lahir. Dua minggu sebelum persalinan caesar, Dr John Kirk, dokter kandungan Johnson, memperkirakan berat bayi sekitar 5,4 hingga 5,9 kg. Namun, bayi JaMichael bahkan membuat kejutan untuk dokternya sendiri.

6. George King (7 kg), Bayi Terbesar di Inggris


Bayi terbesar yang lahir di Inggris adalah George King pada tahun 2013. Bayi laki-laki ini lahir dengan berat badan mencapai 7 kg, hampir dua kali ukuran rata-rata bayi baru lahir.

Tidak ada indikasi bahwa bayi George akan menjadi sebesar ini. Kedua orang tuanya lahir pada ukuran cukup normal dan tidak terlalu besar. Ukuran George menimbulkan kesulitan yang signifikan bagi ibunya, Jade. Pada proses persalinan, setelah kepala bayi George muncul keluar, ia menjadi terjebak. Ukuran raksasa untuk bayi yang baru lahir membuatn sang ibu harus berjuang untuk mengeluarkan bahu George keluar.

Menurut Jade, itu menjadi saat-saat yang menakutkan baginya. Betapa tidak, sekitar dua puluh staf medis berkumpul di ruang bersalin untuk membantunya mengeluarkan George. Dia akhirnya berhasil melahirkan dengan selamat dan dipindahkan ke rumah sakit lain untuk perawatan spesialis.

7. Bayi dari Maxine Marin (6,2 kg), Bayi Terbesar di Spanyol

Seorang wanita Inggris berusia 40 tahun, Maxine Marin telah melahirkan bayi terbesar yang pernah lahir secara alami di Spanyol, seorang bayi perempuan dengan berat 6,2 kg. Marin melahirkan bayi pada pukul 04:43 waktu setempat di Rumah Sakit Marina Salud di kota Mediterania, Denia.

Bayi dengan ukuran besar biasanya dilahirkan melalui operasi caesar, namun Marin bahkan tidak membutuhkan epidural, suatu obat penghilang rasa sakit yang disuntikkan ke tulang belakang saat proses persalinan.

Marin, yang tinggal di Spanyol dengan pasangannya dari Kolombia, mengatakan ia tahu bahwa bayinya akan lahir dengan ukuran besar, tapi ia tidak menyangka bahwa bayinya akan menjadi bayi terbesar di Spanyol.

8. Jasleen (6,1 kg), Bayi Terbesar di Jerman

Pada 2013, bayi dengan berat 6,1 kg dan panjang 57 cm lahir melalui persalinan normal. Jasleen, seorang bayi perempuan, lahir di Rumah Sakit Universitas di Leipzig, Jerman pada tanggal 26 Juli, menjadi bayi terbesar yang pernah lahir di Jerman.

Ibu Jasleen terdiagnosis dengan penyakit diabetes gestasional, suatu kondisi yang biasanya terjadi sekitar minggu ke-24 kehamilan dan dapat menyebabkan bayi yang baru lahir lebih besar dari normal.infounik-pintar.com

0 comments:

Post a Comment