Wednesday, 11 December 2013

10 Video Games yang Berdampak Besar Bagi Dunia

Industri video game semakin besar dan berkembang setiap tahun. Dengan produksi massal yang tak henti-hentinya dipasarkan, ada beberapa game yang dirilis yang benar-benar mengubah cara orang bermain game. Beberapa game berikut adalah game terlaris baik game komputer maupun game console.

 Mulai dari permainan yang serius, atau lebih santai. Game-game ini benar-benar memberi dampak yang besar pada industri video game.

10. The Sims 2


Game simulasi strategik yang dikembangkan oleh Maxis dan dipublikasikan oleh Electronic Arts ini merupakan sekuel dari The Sims yang dirilis pada tahun 2003.

The Sims 2 sukses secara komersil, memecahkan rekor terjual satu juta kopi dalam sepuluh hari pertama. Pada September 2004, The Sims 2 telah terjual lebih dari 20 juta unit di seluruh dunia dan merupakan laris PC video game PC paling laris sepanjang masa. Selama bulan April 2008, situs resmi The Sims 2 mengumumkan bahwa 100 juta copy dari seri The Sims (1 dan 2) telah dijual.


 9. Starcraft



StarCraft adalah permainan komputer terlaris pada tahun 1998 dan memenangkan Origins Award sebagai Best Strategy Computer Game pada tahun tersebut. StarCraft terdaftar pada IGN "Top 100 Games All Time" pada peringkat ke tujuh, dan pada tahun 2006, mendapat Star on the Walk of Game di Metreon, San Francisco. Seperti pada tanggal 31 Mei 2007, StarCraft dan Brood War terjual sebanyak 10 juta kopi.

Dampak StarCraft menjadikannya sebagai pelopor game real-time strategy lainnya ikut bermunculan. Idenya yang unik, grafis yang mumpuni, serta atmosfer yang kuat menjadi nilai tambah sendiri dari game ini.


8. Final Fantasy VII



Siapapun yang memiliki Playstation di pertengahan 90-an tahu tentang yang satu ini. Anda bahkan dapat menyebutnya permainan unggulan dari generasi pertama Playstation. Siapapun yang bermain RPG (role playing game) memiliki apresiasi khusus untuk permainan ini.

Grafis canggih (tentu saja untuk saat itu) dan plot yang unik membuat game ini dapat dengan mudah dikenal sebagai RPG paling terkenal sampai saat ini.


 7. Grand Theft Auto Series



GTA bisa disebut sebagai salah satu game paling laris dalam sejarah. Gimana tidak? Dalam sehari game GTA V saja sudah meraup pendapatan USD 800 juta atau sekitar Rp 9,1 triliun! Itupun belum termasuk seri-seri sebelumnya.


6. Half-Life



Game FPS (First-person Shooter) ini dibalut dengan sci-fi. Half-Life telah terjual delapan juta kopi pada 16 November 2004, dan 9,3 juta kopi pada Desember 2008. Pada 14 Juli 2007, franchise Half-Life secara keseluruhan telah terjual lebih dari 20 juta unit.

 Half-Life dilanjutkan ke sekuel Half-Life 2, yang juga menerima banyak pujian dan kritikan. Half-Life telah memiliki dampak budaya di masyarakat dan turut membangun fanbase yang besar di seluruh dunia.


5. The Legend of Zelda



Campuran antara RPG dan aksi petualangan membuat game ini menjadi hit besar sejak hari pertama peluncurannya. The Legend of Zelda merupakan aset emas bagi Nintendo, dan masih menjadi game yang populer untuk saat ini.

4. Tetris


Sederhana, tapi bikin ketagihan! Game ini adalah hal pertama yang datang ke pikiran ketika kalian memikirkan sebuah game portable. Berapa banyak anak-anak yang tidak menyukai game, tetapi akan selalu bersemangat memainkan tetris?


3. Street Fighter Series



Siapa yang gak kenal Street Fighter (SF)? Dari yang muda hingga yang tua, pria ataupun wanita, bahkan gamer dan non-gamer paling tidak pernah mendengar permainan video game yang satu ini.

Meski euforianya sudah lama berlalu, namun hingga kini SF diakui sebagai 'nenek moyang' dari semua game pertarungan yang ada pada saat ini. Karakter Ryu dan Ken bisa disejajarkan dengan tokoh Superman dalam dunia komik, atau Son Goku dalam dunia manga.

2. World of Warcraft


Dengan lebih dari 10 juta pemain saat ini, dan terus berkembang, sangat mudah untuk melihat bagaimana permainan ini berdampak bagi game di masa depan dan juga perilaku masyarakat. Orang yang tadinya tidak bermain game sama sekali bisa berubah menjadi maniak.

Campuran antara konten memuaskan dan jaringan sosial yang terlibat dalam game ini benar-benar menjadi nilai lebih. Bahkan ada laporan kasus bunuh diri yang dikaitkan dengan game ini.


1. Super Mario Bros



Permainan ini telah sangat berpengaruh besar dalam mempopulerkan genre side-scrolling. Pada tahun 2005, jajak pendapat IGN memberikan penghargaan kepada Super Mario Bros sebagai "The Greatest Game Of All Time".

Seri terbaru mario diluncurkan hampir setiap tahun, tukang ledeng dari Italia ini memang menjadi fenomenal di dunia game.

0 comments:

Post a comment