Saturday 13 December 2014

5 Makanan Penyebab Insomnia

5 Makanan Penyebab Insomnia - Sering mengalami insomnia dan sulit tidur? Bisa jadi makanan penyebabnya! Seperti halnya ada makanan yang bisa membantu Anda tidur cepat, ada juga makanan yang membuat Anda susah tidur. Ahli diet Shelly Redmond, R.D, penulis Eat Well and Be Fabulous menyebutkan beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari jika ingin tidur nyenyak berikut ini.

Berikut adalah 5 Makanan Penyebab Insomnia seperti yang dilansir oleh Women's Health Mag (05/11) :

Baca Juga 7 Jenis Makanan Yang Bisa Bikin Bodoh

1. Kafein


Semua orang tentu sudah mengetahui bahwa kafein bisa membuat Anda sulit tidur. Namun kafein tak hanya ada pada soda atau kopi. Beberapa minuman seperti teh atau obat-obatan juga mengandung kafein dan bisa menyebabkan insomnia. Jika Anda sensitif terhadap kafein, sebaiknya hindari minuman atau obat yang mengandung kafein. Setidaknya konsumsi minuman atau obat tersebut delapan jam sebelum tidur.

2. Alkohol


Banyak yang berpendapat bahwa alkohol bisa membantu tidur. Namun sebenarnya tidak benar. Alkohol memang membuat Anda tidur, namun kualitas tidur yang diberikan sangat rendah dan Anda akan sering terbangun di malam hari. Alkohol akan menurunkan kualitas tidur, sehingga meski tertidur Anda tak akan merasa lebih baik saat bangun.

3. Air


Air memang diperlukan oleh tubuh dan bisa membantu menjaga kesehatan atau menurunkan berat badan. Namun air bukan teman baik yang bisa dikonsumsi sebelum tidur. Anda akan sering terbangun di malam hari karena ingin buang air jika terlalu banyak minum air. Ini tak hanya mengganggu siklus tidur Anda, tetapi juga menurunkan kualitas tidur. Hindari konsumsi air satu jam sampai 90 menit sebelum tidur.

4. Makanan fermentasi


Makanan fermentasi mengandung zat yang bernama Tyramine. Zat ini bisa merangsang otak dan membuat Anda sulit tidur. Beberapa makanan yang mengandung fermentasi adalah keju, daging asap, ikan asap, dan lainnya.

5. Makanan dari tomat


Tomat mengandung banyak asam yang bisa membuat perut tak nyaman di malam hari. Karena itu, hindari makanan yang mengandung tomat atau makanan pedas untuk mencegahnya. Jika ingin makan makanan yang mengandung tomat, setidaknya konsumsi tiga jam sebelum tidur.

Nah, Itulah 5 Makanan Penyebab Insomnia. Mengonsumsi makanan di atas bisa mengganggu jam tidur serta kualitas tidur Anda.

1 comment: