Thursday 1 August 2013

12 Hewan Langka yang Sudah Punah

Hewan yang Sudah Punah - Infounik-pintar akan membahas binatang unik dan aneh yang mungkin kalian belum pernah melihat karena hewan ini sudah punah. Hewan yang punah disebabkan antara lain habitat mereka yang rusak oleh manusia maupun alam tetapi kebanyakan adalah kesalahan dari manusia yang sangat tidak peduli terhadap kelangsungan hidup hewan - hewan berikut tanpa memikirkan akibatnya. Akibatnya hewan berikut punah dari muka bumi dan jadi kenangan belaka. Berikut gambar dari hewan yang sudah punah :


1. Beruang Atlas


Beruang atlas adalah satu-satunya beruang asli dari Afrika, hidup di pegunungan Atlas, Maroko sampai Libya, dan sudah punah. Penyebab utama kepunahannya yaitu banyak diburu dan eksekusi penjahat adbestias ketika perluasan kekuasaan kekaisaran Romawi – Afrika Utara. Specimen terakhir kemungkinan mati di buru pada tahun 1870an di Maroko Utara di Gunung Rif.

2. Dodo

 Dodo atau dengan bahasa lainnya Raphus cucullatus adalah burung yang tidak bisa terbang, hidupnya di pulau Mauritius, Burung ini masih berkerabat dengan merpati. Tinggi Dodo ini sekitar satu meter, makanannya buah-buahan dan sarangnya di tanah.
Dodo punah di akhir abad ke 17, kepunahannya terjadi akibat aktivitas manusia dan sering dijadikan arkatipe. Dodo merupakan burung yang tidak takut pada manusia karena ketidakmampuannya untuk terbang membuatnya mudah ditangkap oleh manusia.

3. Elang Haast


Elang haast ini hidup di daerah Pulau Selatan di Selandia Baru. Elang ini merupakan elang terbesar yang pernah hidup dikenal juga dengan nama Elang Harpagonis atau Pouakai atau hakawai yang mengacu pada angkasa dihiasai Berkik selandia Baru.
Elang ini juga memangsa burung yang tidak bisa terbang termasuk moa, yang menjadi salah satu faktor moa dalam kepunahan. Setelah moa punah otomatis sumbermakanan berkurang oleh sebab itu salah satu penyebab burung hast punah.

4. Emu Tasmania


Emu Tasmania hewan ini hidup di Pulau Tasmania, merupakan subspecies emu yang sudah punah. Binatang ini hanya diketahui pada tulang subfosil. Populasi emu tasmania ini lebih besar dibanding emu pulau lain seperti, emu pulau king dan emu pulau kangguru.

5. Harimau Bali


Harimau bali merupakan subspecies dari harimau yang telah punah, habitatnya sesuai namanya yaitu di pulau bali. Harimau ini adalah salah satu dari subspecies harimau yang ada di indonesia yaitu harimau Sumatera (specias terancam punah) dan harimau Jawa (sudah punah).
Harimau ini harimau terkecil dari tiga subspecies harimau yang ada di Indonesia, harimau ini dinyatakan punah pada tgl 27 September 1937 dan harimau yang terakhir di tembak pada tahun 1925, harimau ini punah akibat dari pemburuan dan kehilangan habitat

6. Harimau Jawa


Harimau jawa ini dinyatakan punah pada tahun 1980-an, penyebabnya tak lain adalah perburuan dan kehilangan habitat secara drastis akibat dan perkembangan lahan pertanian. Kemungkinan terjadinya kepunahan pada tahun 1950-an dan ketika itu diperkitakan tinggal 35 ekor harimau jawa ini.

7. Moa Raksasa


Hewan punah Moa Raksasa dengan tinggi 3 M dan beratnya mencapai 300 kg. Moa Raksasa ini punah pada tahun 1500an, penyebab kepunahannya sama seperti Moa biasa lainnya.

8. Harimau Tasmania


Harimau tasmania hewan yang punggungnya mempunyai corak belang, ada juga yang menyebutnya serigala Tasmania. Hean ini hidup di Australian dan di pulau Papua. Harimu ini dinyatakan punah pada abad ke 20. Kepunahan hewan ini karena serangan penyakit dan gangguan manusaia akan habitatnya.

9. Moa 


Moa berhabitat di daerah Selandia Baru, moa merupakan jenis burung yang tidak bisa terbang karena tidak memiki sayap. Moa adalah santapan Elang Haast (punah) yang merupakan elang terbesar d dunia. Kepunahan Moa ini akibat dai perburuan dan peyempitan habitat (pembersihan hutan) oleh suku Maori. Moa diperkirakan habis tiada sisa pada tahun 1500an.

10. Quagga


Hewan punah Qoagga yaitu binatang yang mirip kuda Zebra mereka dapat di temukan di sejumlah daerah Afrika Selatan. Quaagga adalah campuran antara Kuda dengan Zebra. Quagga akhirnya punah akibat dari pemburuan untuk di manfaatkan daging dan kulitnya.


11. Sapi Laut Steller


Hewan Punah Sapi laut Steller merupakan Mamalia Sirenia besar, mereka di temukan di daerah pantai Laut Bering di Benua Asia. Penyelidik alam yang bernama Georg Steller menemukan Kepulauan Komander dan menemukan sapi laut ini dan di berinama sesuai namanya pada tahun 1741. Sapi laut steller ini salah satu penyebab punah akibat terganggu habitatnya dengan kedatangn manusia


12. Kelinci Walabi Timur


Hewan Walibi-Kelinci Timur punah akibat dari dampak buruk dari pola bakar ladang yang berpindah-pindah. Hewan ini punah pada bulan Agustus 1889. Habitat asal binatang ini dulu di dataran pedalaman Australia bagian tenggara dan memiliki kebiasaan seperti kelinci

Inilah 12 hewan yang sudah punah dan hanya bisa dilihat di museum dan hanya di gambar saja, jadi kita harus lestarikan hewan dan jangan egois dengan kemauan sendiri.

1 comment:

  1. informasinya sangat membantu
    mantap...smoga lbih sukses kedepannya

    ReplyDelete