Thursday 7 November 2013

5 Hewan yang Ditengarai Dapat Hidup Abadi

5 Hewan yang Ditengarai Dapat Hidup Abadi - Di artikel sebelumnya sudah ada manusia tertua di dunia sekarang giliran hewan yang disangka - sangka dapat hidup abadi. Dan diantara hewan - hewan ini sudah banyak hewan yang kita kenal dan biasa terlihat dengan mata. Tapi tidak disangka hewan tersebut ditengarai memiliki kunci hidup abadi.

Apa saja hewan - hewan yang termasuk di dalamnya? Berikut cuplikan informasi tentang hewan yang dikira memiliki kunci hidup abadi.

1. Tikus Mol Telanjang


Tahukah Anda, para ahli biologi sangat menyukai tikus bawah tanah, bukan karena bentuknya yang unik karena memiliki kulit yang melar, rambut tipis dan mata sipit hampir buta. Secara tampilan, tikus mol telanjang ini memang tidak begitu enak dilihat. Tapi binatang ini justru bisa sangat tahan terhadap penyakit dan dapat hidup selama lebih dari 30 tahun, usia ini sepuluh kali lipat lebih panjang daripada binatang pengerat lainnya.

Sebuah studi yang baru-baru ini dipublikasikan dalam jurnal Proceeding of the National Academy of Sciences menyatakan bahwa telah ditemukan bahwa zat kimia di dalam tikus mol yaitu RNA memberikan selnya pabrik protein. Artinya sel mereka kurang rentan terhadap adanya penyimpangan seiring usia bertambahnya usia, sehingga hal ini membuat tikus mol jauh lebih kuat dari serangan penyakit yang berhubungan dengan usia seperti kanker dan Alzheimer.


2.Kura kura Raksasa: 

Kura-kura sangat suka bergerak pelan dan santai. Aktivitas super pelan ini ditengarai bisa membuat hewan ini berumur sangat panjang. Penanggalan karbon menemukan bahwa salah satu kura-kura raksasa Aldabra bernama Adwaita berusia sekitar 225 tahun ketika mati pada tahun 2006. Sesuatu dalam genetik reptil tersebut diduga bisa membuatnya bertahan terhadap kematian karena usia. Istilah untuk kemampuan yang langka ini adalah penuaan yang diabaikan.

Menurut io9, "Akumulasi terhadap kerusakan sel dan degradasi yang pada akhirnya akan mematikan makhluk hidup (termasuk manusia) memperlambat proses kematian, sehingga memperpanjang usia, dan pada kenyataannya beberapa bintang cukup beruntung memilikinya."

"Secara teori, jika tingkat kematian tidak meningkat selama penuaan, manusia akan hidup ratusan tahun," kata ahli biologi Caleb Finch.

3. Cacing Pipih


Meskipun kecil ternyata binatang ini adalah salah satu binatang yang memegang kunci umur panjang. Meskipun dipotong, cacing ini dapat hidup kembali.

Para ilmuwan baru saja mulai menduga apa yang tidak tertandingi pada faktor penyembuhan makhluk itu, yang memungkinkan mereka untuk tumbuh otot yang baru, kulit, usus, dan bahkan otak, disebabkan oleh kemampuan cacing dalam memperbaharui persediaan enzim kunci. Hal ini dikatakan dalam laporan Telegraph.

4. Lobster

Binatang seperti kerang dan lobster tidak seperti makhluk Bumi lainnya, mereka dapat tumbuh lebih subur dengan bertambahnya usia. Ukuran lobster dapat terus meningkat, selain itu kelompok lobster tertentu menghasilkan telomerase dengan jumlah yang luar biasa, enzim yang membantu mereka tumbuh, cangkang atau kulit yang lebih besar sepanjang hidupnya, bahkan ketika mereka mendekati usia 50 atau 60 tahun.

Sebagian ilmuwan kini sedang mencoba memahami mengapa sel-sel mereka dapat tahan terhadap ancaman yang mungking muncul akibat pertambahan usia, sehingga bisa membantu dalam mengembangkan obat untuk kanker dan penyakit lainnya.

5. Ubur-Ubur


Para pengamat telah menunjukkan bahwa ubur-ubur tidak hanya melakukan penolakan untuk mati, namun hewan ini tumbuh lebih muda dan lebih muda lagi hingga mencapai tahap paling awal perkembangan.

Kemudian binatang ini melakukan sesuatu yang benar-benar ajaib, yakni memulai hidup kembali. Hal ini terjadi karena siklus hidup ubur-ubur dari tahap dewasa ke tahap immature polyp, yang kemudian diulang lagi. Dengan kemampuannya itu sepertinya tidak ada batas dari jangka waktu kehidupannya.

0 comments:

Post a Comment