Wednesday 6 November 2013

6 Jenis Kulit Buah yang Bermanfaat untuk Kesehatan

6 Jenis Kulit Buah yang Bermanfaat untuk Kesehatan - Ketika memakan buah-buahan segar kita pasti akan membuang kulitnya karena merasa sudah tidak terpakai. Tapi ternyata kulit dari buah tertentu dapat bermanfaat bagi kesehatan. Seperti kulit buat manggis yang bermanfaat sebagai pencegah kanker yang sangat ampuh.

Kini dalam mengkonsumsi buah, konsumsi pula kulitnya. Walaupun rasanya yang tidak enak tetapi khasiatnya sangat menyehatkan tubuh dan dapat membuat panjang umur. Apa saja kulit buah yang menyehatkan tersebut ?

1. Kulit Apel


Buah apel segar akan lebih banyak manfaatnya bila Anda konsumsi bersama dengan kulitnya. Kulit apel adalah sumber kalsium, Vitamin A, antioksidan, juga zat pelawan kanker phytochemicals. Kulit apel juga merupakan sumber serat yang berguna bagi pencernaan.

2. Kulit Lemon


Mungkin rasa dari kulit lemon akan sedikit pahit, tapi itu sangat berharga. Ia membantu proses pencernaan, mengurangi kram, melancarkan sirkulasi darah, serta menguatkan sistem imun tubuh.

Kulit lemon juga baik untuk kecantikan kulit sebab ada kandungan bioflavonoidnya yang bermanfaat pula untuk detoksifikasi racun tubuh. Ada kandungan kalsium serta vitamin pula yang tentu bermanfaat bagi kesehatan.

 3. Kulit Jeruk

Kulit jeruk atau orange kaya phytonutrien dan flavonoid. Biasanya kulit jeruk digunakan sebagai penyedap dalam makanan atau kue dan bermanfaat melancarkan pencernaan. Ia juga bermanfaat menurunkan kolesterol.

4. Kulit Kiwi


Kiwi dan juga kulitnya adalah sumber yang tinggi dari antioksidan, vitamin, mineral dan kalori. Mengonsumsi kulit kiwi baik bagi kesehatan jantung serta mengencerkan darah. Jadi mulai sekarang, jangan buang kulit kiwi, cukup bersihkan saja bulu halusnya.

5. Kulit Semangka


Kulit semangka yang dimaksud bukan bagian hijau yang keras itu, melainkan bagian putih di bawah lapisan merahnya. Walau rasanya tak manis, namun ada banyak vitamin C, betacaroten, vitamin A, thiamin, lycopene, kalsium, zinc, juga zat besi di sana. Sayang sekali bila dibuang, kan?

6. Kulit Manggis 


Khasiat kulit buah manggis mungkin sudah banyak yang mengetahuinya. Manfaat buah manggis ini sangatlah banyak mulai dari obat diare, anti mikroba, obat sariawan ,dan yang paling berat adalah obat dari penyakit mematikan kanker.

Penelitian tentang khasiat kulit manggis bagi pengobatan herbal terus dilakukan. Hal terakhir yang cukup mengembirakan adalah bahwa kulit manggis diharapkan bisa menjadi solusi untuk mengatsi berbagai penyakit berat mematikan seperti kanker.

0 comments:

Post a Comment