Saturday 12 July 2014

5 Tradisi Paling Unik Menyambut Kelahiran Bayi


5 Tradisi Paling Unik Menyambut Kelahiran Bayi - Kelahiran seorang bayi biasanya disambut dengan perayaan atau tradisi budaya, yang digambarkan sebagai wujud rasa suka cita orang tua atas kelahiran buah hati mereka. Setiap daerah memiliki tradisinya masing-masing dan ada begitu banyak keunikan yang bisa kita temui dalam upacara penyambutan kelahiran bayi.

Penasaran? Nah, berikut adalah 5 Tradisi Paling Unik Menyambut Kelahiran Bayi :

1. Jepang


Setelah anak lahir, tali pusar bayi akan ditaruh di dalam kotak kayu bersama dengan boneka kecil yang mewakili sosok bayi sedang tidur memakai kimono. Tali pusar bayi biasanya ditempatkan di dalam kimono. Tradisi ini diyakini dapat menjaga hubungan positif antara anak dan ibu.

Kemudian satu minggu setelah anak lahir, orang tua dan kerabat dekat akan mengadakan upacara penamaan bayi yang disebut Oshichiya, di mana anak menerima namanya resminya di depan Butsudan ( altar rumah Buddha ).

2. Mesir


Setelah tujuh hari kelahiran bayi, masyarakat Mesir akan mengadakan upacara penamaan yang disebut Sebooh. Dalam tradisi ini, seorang ibu akan menempatkan bayinya ke dalam sebuah keranjang besar putih dan kemudian menggoyangnya dengan lembut. Hal ini diyakini dapat membantu bayi yang baru lahir untuk menjadi terbiasa dengan liku-liku kehidupan.

Selanjutnya, bayi akan diletakkan di atas selimut di lantai, dengan pisau yang ditaruh di sepanjang dadanya untuk mengusir roh jahat, sementara para tamu menyebarkan biji-bijian, emas, dan hadiah lainnya di sekelilingnya.

3. China


Dalam tradisi China, ketika usia bayi menginjak satu bulan, orang tua dan kerabat akan mengadakan upacara Bulan Purnama. Upacara ini diadakan untuk memperingati bulan penuh yang pertama untuk kehidupan seorang bayi, dan ini menjadi peristiwa penting untuk anak yang baru lahir.

Dalam tradisi ini, para kerabat dan teman-teman akan berkumpul untuk memberikan berkat dan hadiah untuk bayi. Uniknya, dalam tradisi ini, orangtua bayi juga memberikan hadiah kepada kerabat dan teman-teman mereka.

4. Jamaika


Dalam tradisi Jamaika, setelah ibu melahirkan, tali pusar bayi akan ditanam di sebuah lokasi khusus dan kemudian ditancapkan pohon di atasnya. Pohon itu disediakan oleh orang tua, wali baptis, atau kerabat dan teman-teman.

Pohon itu adalah alat untuk mengajarkan kepada anak tentang cara bertanggung jawab atas kehidupan mereka. Pohon ini juga digunakan untuk menunjukkan kepada anak bahwa ini awal dari hidupnya dan dia harus mengurusnya.

5. Trinidad dan Tobago


Di Trinidad dan Tobago, ketika orang mengunjungi bayi yang baru lahir, mereka biasanya menaruh uang di tangan bayi untuk membawa kemakmuran dan berkah yang baik bagi bayi tersebut.Kebiasaan lain dari negara ini adalah beberapa orang tua tidak mengizinkan orang lain untuk datang ke rumah mereka setelah jam 18.00, karena diyakini embun malam akan membuat bayi sakit.

Nah, itulah 5 Tradisi Paling Unik Menyambut Kelahiran Bayi. Bagaimana dengan di daerah Anda?

0 comments:

Post a Comment