Saturday 8 March 2014

5 Gedung Terhijau di Dunia

5 Gedung Terhijau di Dunia - Semakin banyak bangunan dunia yang ber’teknologi hijau’ merupakan efek positif dari meningkatnya kesadaran para arsitek, kontraktor dan pengusaha properti akan lingkungan. Pemanasan global berdampak pada berbagai sektor kehidupan manusia, mulai dari kesehatan, sumber daya alam yang menurun secara kualitas dan kuantitas, juga ketidak seimbangan ekosistem dan lainnya. Berikut infounik-pintar merangkum 5 bangunan terhijau di dunia:

1. Bank Amerika, New York


Bangunan megah yang memiliki 54 lantai ini diklaim sebagai gedung terhijau di dunia. Gedung Bank Amerika dirancang untuk memaksimalkan masuknya sinar matahari, sehingga penggunaan lampu yang dapat menghamburkan enerji listrik pun berkurang. Selain itu, enerji listrik untuk memenuhi kebutuhan enerji dipasok oleh teknologi solar cel (listrik tenaga surya). Tidak hanya memanfaatkan sinar matahari, air hujan pun dimanfaatkan untuk keperluan air di gedung tersebut. Pada intinya semua potensi sumber daya yang ada di Kota New York dimanfaatkan untuk kepentingan gedung dan penghuninya baik karyawan maupun masyarakat umum.

2. Pulau Kristal, Moskow


Salah satu kawasan hijau yang dibuat oleh pemerintah Rusia terletak di Pulau Kristal, dengan 30.000 rumah yang dirancang dalam satu bangunan. Bangunan hijau di Pulau Kristal menggunakan potensi angin dan matahari sebagai energi listriknya. Dengan didirikannya gedung hijau di Pulau Kristal pemerintah Rusia berharap iklim di Rusia tetap normal bahkan lebih baik lagi.

3. CH2, Melbourne


Australia merupakan benua yang memiliki kawasan hijau cukup banyak dan luas, dan keberadaan CH2 semakin menguatkan keinginan pemerintah Negeri Kangguru untuk menjaga kelestarian alam. CH2 yang juga dikenal sebagai Gedung Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), menggunakan enerji daur ulang, turbin aingin, sistem pendingin alami, tenaga surya dan lainnya. Dengan keberadaan CH2 pemerintah Melbourne berharap akan menghemat sumber enerji konvensional (bahan bakar minyak) selama lebih dari 10 tahun. Yang utama dari berdirinya CH2 adalah keinginan dan usaha pemerintah Australia untuk menghijaukan bumi.

4. Cor, Miami


Selain Bank Amerika, Cor pun diklaim sebagai gedung terhijau tidak saja di Amerika Serikat namun di dunia. Enerji matahari, turbin angin, sistem pendingin alami merupakan potensi alam yang digunakan sebagai enerji yang mengalir di Cor. Bukan itu saja desain Gedung Cor dibuat seindah dan sesederhana mungkin sehingga tidak menyerap dan memantul panas di lingkungan sekitarnya.

5. BMW Welt, Munich


Mungkin tidak semua produk BMW sehijau gedung yang dimilikinya di Munich, Jerman. Namun keberadaan BMW Welt memperlihatkan kepedulian mereka terhadap isu pemanasan global. Seperti gedung-gedung yang telah disebutkan di atas, BMW Welt pun menggunakan potensi alam untuk menghijaukan lingkungan sekitar dan dunia.

0 comments:

Post a Comment