Saturday 15 March 2014

5 Penyakit yang Timbul Akibat Sering Begadang


Begadang adalah berjaga tidur sampai larut malam. Bagi sebagian orang aktivitas begadang ini memang menyenangkan. Banyak mereka yang begadang hanya untuk kumpul-kumpul bersama teman, atau untuk mengerjakan tugas dan pekerjaan, dan masih banyak lagi alasan orang-orang untuk tetap begadang.

Mungkin menurut mereka begadang merupakan hal yang kecil, namun perlu kamu ketahui bahwa terlalu sering begadang dapat merusak kesehatan kamu loh. Selain berbagai penyakit yang akan timbul karena sering begadang, begadang juga dapat merusak fungsi otak kamu loh.

Jadi, jangan pernah sepelekan masalah begadang ini. Mungkin saja hal sepele bisa berakibat fatal untuk kesehatan kamu. Lalu, penyakit apa saja sih yang ditimbulkan akibat sering begadang?

Nah, berikut ini ada beberapa masalah kesehatan yang disebabkan oleh kesering begadang :

1. Penyakit jantung

Penyakit jantung memang disebabkan oleh banyak hal, namun perlu kamu ketahui bahwa penyakit jantung jug disebabkan karena sering begadang loh. Seseorang yang sering begadang, merupakan salah satu orang yang rentan terkena penyakit jantung. Jadi, pikir-pikirlah dulu sebelum ingin begadang.

2. Tekanan darah tinggi

Darah tinggi sering disebabkan karena stres yang terlalu tinggi. Orang yang sering begadang pasti akan kekurangan waktu tidur, jika waktu tidur mereka berkurang maka pikiran menjadi stres dan dapat memicu tekanan darah tinggi yang kronis.

3. Stroke

Seseorang yang sering begadang, berarti akan memiliki waktu tidur yang kurang. Kurangnya waktu untuk tidur atau beristirahat sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh, terutama untuk kesehatan jantung. Kurangnya tidur akan memberikan tekanan pada jantung, sehingga dapat menyebabkan terjadinya stroke.

4. Menurunkan sistem kekebalan tubuh

Orang yang sering kekurangan tidur akan mengahancurkan sel darah putih yang sangat berperan penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Jika sel darah putih tersebut dihancurkan maka, sistem kekebalan tubuh akan menurun, sehingga berbagai penyakit pun akan dengan mudah menyerang tubuh.

5. Sakit kepala

Seseorang yang sering begadang akan sering mengalami sakit kepala yang disebabkan karena kekurangan waktu beristirahat. Kekurangan tidur ini lama kelamaan akan merusak sel otak dan membuat masalah pada kepala. Jika dibiarkan, maka akan menimbulkan masalah yang cukup berbahaya.

Nah, itulah dia ke lima masalah kesehatan yang disebabkan oleh begadang. Jika kamu termasuk orang yang suka begadang, sebaiknya kamu tidak melakukannya itu lagi, atau kamu menginginkan penyakit diatas menyerang tubuh kamu.

sumber

0 comments:

Post a Comment