Friday, 28 March 2014

6 Cara Mengatasi Kulit Berminyak



6 Cara Mengatasi Kulit Berminyak - Minyak pada kulit wajah manusia sangat berguna untuk menjaga kulit wajah agar lembab dan sehat. Minyak bisa muncul kapan saja terlebih jika sedang berkeringat dan cuaca yang panas pastinya minyak pada wajah akan sangat mengganggu. Peningkatan produksi minyak pada kulit juga dapat dipicu oleh faktor psikologis seperti stress, kecemasan, dan sebagainya.

Untuk itu ada beberapa cara mengatasi kulit berminyak. Bagi anda yang memiliki kulit wajah yang berminyak dapat melakukan beberapa tips menghilangkan dan merawat kulit wajah yang berminyak. Berikut tips dan trik agar wajah anda bersih tanpa minyak :

1. Pembersih wajah (cleanser)

Rajin membersihkan wajah secara teratur pada pagi dan malam hari adalah cara terbaik untuk mengatasi kulit berminyak. Bersihkan wajah Anda dengan pembersih wajah berupa susu pembersih tanpa waslap, karena waslap justru akan memacu pengeluaran minyak wajah lebih banyak lagi. Pembersih wajah yang mengandung asam seperti benzoyl, peroxide, salicylic acid, glycolic acid, atau beta-hydroxy acid juga dapat meminimalisir produksi minyak. Zat-zat tersebut biasanya terkandung di dalam produk sabun pembersih wajah yang dijual bebas.

Setiap orang umumnya memiliki tingkat kecocokan yang berbeda-beda untuk masing-masing produk pembersih wajah. Untuk itu, cari dan gunakanlah jenis produk yang paling dirasa cocok bagi kulit wajah Anda. Gunakan air hangat saat mencuci muka untuk mendapatkan hasil maksimal

2. Toner

Apabila cleanser tidak membantu, Anda dapat menggunakan toner. Cairan toner cenderung dingin saat digunakan dan dapat membantu mengurangi minyak pada kulit. Anda dapat menggunakan toner pada area T yang berminyak seperti dahi, hidung, dan dagu. Hindari penggunaan toner pada kulit yang cenderung tak berminyak, karena akan mengakibatkan kulit menjadi terlampau kering dan memicu terjadinya produksi minyak yang berlebihan di area tersebut.

3. Masker wajah

Serupa dengan cleanser dan toner, masker wajah juga mampu mengurangi minyak di kulit sekaligus mengecilkan pori-pori. Penggunaan masker sebaiknya dibatasi agar tidak terlalu sering digunakan, karena berisiko untuk membuat kulit wajah menjadi terlalu kering. Gunakan masker wajah sesekali saja jika Anda ingin tampil lebih segar sebelum acara penting seperti pesta, pernikahan, dan sebagainya.

4. Kertas minyak

Keuntungan kertas minyak adalah ia tidak akan menyebabkan kulit menjadi terlalu kering. Bentuknya yang kecil dan mudah dibawa menjadi alternatif lain untuk menghilangkan minyak wajah dalam sekejap. Gunakan kertas minyak pada area T selama 15-20 detik agar minyak terangkat sempurna. Anda juga dapat menggunakan kertas minyak yang telah dilengkapi taburan bedak untuk membuat wajah kembali segar.

5. Pelembap

Pelembap tak akan membuat kulit jadi makin berminyak. Pelembap tetap penting untuk digunakan meski Anda memiliki kulit wajah berminyak. Untuk mengantisipasinya, Anda dapat menggunakan pelembap bebas minyak (oil-free moisturizer) untuk menghindari tampilan wajah yang mengilat.

6. Konsultasi dengan dermatolog

Apabila permasalahan kulit berminyak yang Anda hadapi tidak dapat dihilangkan dengan bantuan berbagai jenis produk yang dijelaskan di atas, sebaiknya Anda berkonsultasi dan memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit (Sp.KK) atau dermatolog. Terkadang dibutuhkan terapi laser atau chemical peeling secara berkala untuk mengurangi kadar minyak pada kulit. Selain itu, dokter spesialis kulit juga dapat merancang racikan obat berbentuk krim yang dapat mengurangi kelebihan kadar minyak pada kulit wajah.


Itulah beberapa cara untuk menghilangkan sekaligus mengatasi kulit berminyak. Semoga dengan beberapa cara diatas dapat membuat kulit anda sehat tanpa minyak.

1 comment:

  1. mntp gan
    mampir juga yah
    http://belajardii.blogspot.com

    ReplyDelete